Cek Progress Anda
Klik Di sini

News and Events

Tips Rumah Nyaman dan Sehat dengan Melihat Pergerakan Matahari

Di negara tropis seperti Indonesia, intensitas sinar matahari terkadang berlebihan, terutama memasuki musim kemarau seperti sekarang. Alhasil, rumah menjadi panas dan gerah.

Pendingin ruangan atau AC (air conditioner) memang bisa dijadikan solusi instan, namun Anda harus siap-siap mengeluarkan uang lebih untuk biaya listrik.

Sebenarnya, dengan perencanaan yang tepat, rumah bisa dibuat nyaman nyaman meski tanpa AC. Caranya, dengan melihat pergerakan sinar matahari.

Kamar Tidur
Selain baik bagi kesehatan, sinar matahari pagi yang masuk ke kamar tidur membuat Anda tidak malas bangun.

Agar sinar matahari pagi dapat masuk ke ruang ini, letakkan kamar tidur di sisi tenggara hingga timur laut. Posisi ini juga mencegah kamar tidur terhalang dari sinar matahari sore yang kerap membikin kamar gerah di malam hari.

Ruang-ruang Publik
Ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang makan sebaiknya berada di sisi barat laut atau barat daya. Di posisi ini, ruang publik akan mendapatkan penerangan alami yang hangat.

Kendati demikian, untuk mengurangi panas matahari dari sisi barat, perlu digunakan material peredam panas. Bisa menggunakan coating untuk tembok atau memasang aluminium foil di bagian langit-langit rumah.

Buat juga ventilasi silang (cross ventilation) dengan membuat banyak lubang angin di dua sisi dinding yang berhadapan. Cara ini terbukti ampuh menghadirkan kesejukan di dalam ruangan.

Kamar Mandi
Kamar mandi atau toilet memiliki kelembapan tinggi. Sebagai informasi, ruangan lembap sangat berbahaya buat kesehatan, terutama pernapasan.

Guna mengurangi tingkat kelembapan, kamar mandi atau toilet sangat memerlukan sinar matahari langsung. Untuk itu, letakkan kamar mandi pada sisi barat atau timur rumah.

Dapur
Sebagai tempat memasak, dapur memiliki suhu ruang yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya dapur diletakkan di posisi yang kurang mendapat sinar matahari, yakni di sisi utara atau selatan rumah.

Bukaan
untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung, letakkan bukaan rumah, seperti seperti pintu atau jendela di sisi utara atau selatan. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa dengan memasang tirai atau kaca peredam panas di pintu atau jendela.

Source : rumahhokie.com

 

Artikel ini disunting tanggal 03 April 2018.